Peningkatan hasil belajar siswa dapat dicapai melalui penerapan metode pembelajaran yang berfokus pada peserta didik. Berdasarkan observasi di kelas X P4 SMAN 1 Pare (34 siswa), ditemukan bahwa keterampilan passing bawah dalam sepak bola masih rendah, khususnya pada siklus pertama. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman terhadap teknik passing. Penelitian ini menggunakan metode Teaching at the Right Level (TaRL) dalam mata pelajaran PJOK dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara deskriptif kuantitatif. Tujuan utamanya adalah untuk mengkaji pengaruh metode TaRL terhadap peningkatan kemampuan passing bawah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif dan keterampilan siswa. Pada siklus kedua, nilai rata-rata siswa meningkat dari 62,79 menjadi 85,59, dengan peningkatan sebesar 36,30%. Metode TaRL terbukti dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan individu siswa dan efektif dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar sepak bola. Maka, TaRL dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif di SMAN 1 Pare
Copyrights © 2025