Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada peserta didik kelas X-6 SMA Negeri 9 Malang melalui modifikasi alat bantu kardus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar lompat jauh dari pra-siklus ke siklus I dan berlanjut ke siklus II. Mulai dari tes awal hanya 7 peserta didik yang mencapai nilai di atas 75, pada siklus 1 ada kenaikan menjadi 17 peserta didik yang mencapai nilai di atas 75, sedangkan pada siklus 2 ada 28 peserta didik yang mencapai nilai di atas 75. Penggunaan kardus sebagai media pembelajaran terbukti mampu memberikan rangsangan, acuan, dan motivasi kepada peserta didik untuk melakukan gerakan lompat jauh dengan lebih baik. 4 Modifikasi ini menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif, sehingga meningkatkan hasil belajar lompat jauh peserta didik
Copyrights © 2025