Tiktok Shop menjadi salah satu fitur dari platform Tiktok yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran produk secara online sebagai akibat dari perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui pengaruh belanja hedonis, live streaming, dan diskon pada Tiktok Shop secara parsial dan simultan terhadap pembelian impulsif. Sebuah metode penelitian kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan data dari 100 responden pengguna Tiktok Shop. Digunakan program SPSS versi 25 untuk menganalisis data. Uji yang digunakan adalah uji t, uji f, uji koefisien determinasi, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda. Hasil pengujian parsial menunjukan bahwa belanja hedonis dan diskon memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif tetapi live streaming memiliki pengaruh negatif terhadap pembelian impulsif. Hasil uji f menunjukan bahwa belanja hedonis, live streaming, dan diskon secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif. Hasil penelitian ini membuka wawasan baru mengenai bagaimana emosi dan kebutuhan psikologis menciptakan mengalaman berbelanja yang menyenangkan serta menerapkan strategi diskon dapat memengaruhi keputusan pembelian impulsif. Sedangkan live streaming tidak begitu bisa menjadi faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif. Pelaku usaha harus dapat merancang strategi pemasaran lebih efektif dengan menggabungkan faktor-faktor hedonis, seperti pengalaman belanja yang menyenangkan melalui live streaming dan strategi diskon agar dapat meningkatkan pembelian impulsif konsumen.
Copyrights © 2025