eCo-Buss
Vol. 8 No. 1 (2025): eCo-Buss

Pengaruh Entrepreneurial Orientation dan Market Orientation Terhadap Marketing Performance Pada UMKM di Indonesia

Setiadi, Galang (Unknown)
Purmono, Bintoro Bagus (Unknown)
Jaya, Arman (Unknown)
Afifah, Nur (Unknown)
Setiawan, Harry (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Studi ini menganalisis bagaimana orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berkontribusi terhadap kemampuan pemasaran dan kinerja pemasaran UMKM yang beroperasi di Indonesia. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah jumlah UMKM di Indonesia sangat besar dibandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia. Hal ini menunjukkan UMKM menyumbang sebagian besar PDB Indonesia. UMKM juga menghadapi berbagai tantangan khas dalam hal inovasi, daya saing, dan pendekatan pemasarannya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 258 responden dengan purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan SmartPLS versi 4 dengan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Entrepreneurial Orientation maupun Market Orientation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Marketing Capabilities dan Marketing Performance. Selain itu, Marketing Capabilities terbukti secara signifikan memediasi hubungan antara kedua variabel independen tersebut terhadap Marketing Performance. Temuan ini menegaskan bahwa kemampuan UMKM dalam berinovasi, mengambil risiko, memahami pasar, serta membangun strategi pemasaran yang adaptif menjadi kunci dalam meningkatkan kinerja mereka. Secara teoritis, penelitian ini memperkuat perspektif Resource-Based View dan Dynamic Capabilities, sementara secara praktis memberikan rekomendasi bagi pelaku UMKM dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kapabilitas pemasaran melalui penguatan orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar. Dengan demikian, UMKM dapat lebih siap bersaing dan berkembang dalam era ekonomi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various ...