Studi ini mengevaluasi program peningkatan motivasi dan minat belajar siswa yang dilaksanakan selama Program Kerja Nyata (KKN) di SDN 11 Tiumang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan siswa (kelas IV–VI), guru staf sekolah. Program “Rumah Belajar” mencakup berbagai kegiatan, termasuk bimbingan belajar, diskusi kelompok kolaboratif, permainan edukatif interaktif, sesi refleksi harian terstruktur. Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan belajar siswa, peningkatan yang nyata dalam antusiasme mereka terhadap tugas-tugas akademik, rutinitas belajar di rumah yang lebih konsisten, rasa percaya diri yang lebih besar dalam menyelesaikan tugas sekolah. Efektivitas program ini berkat pendekatan komunikatif yang berpusat pada siswa dan terciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan dan bebas tekanan. Selain inisiatif ini berhasil membina hubungan yang lebih erat antara siswa, guru, dan komunitas sekolah yang lebih luas, mendorong budaya saling mendukung pendidikan. Administrator sekolah dan guru melaporkan adanya perubahan perilaku positif pada siswa.
Copyrights © 2025