Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan produk media pembelajaran interaktif Laci Hitung pada materi perkalian kelas 3 SDN Burengan 5 kediri. Metode yang digunakan adalah rnd (research and development). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Sebelum melakukan uji coba produk media interaktif laci hitung, dilakukan validasi ahli media dan juga ahli materi. Validasi ahli media mendapst presentase skor 97% masuk dalam kategori sangat valid, sedangkan validasi ahli materi mendapat presentase skor 80% masuk dalam kategori valid. Untuk mengetahui keefektifan dilakukan uji coba pada siswa menggunakan pretest dan postest. Pretest dilakukan sebelum menggunakan produk media interaktif laci hitung, sedangkan posttest dilakukan sesudah menggunakan produk media interaktif laci hitung. Hasil nilai rata-rata pretest 56,5 sedangkan hasil nilai rata-rata posttest 90,0. Untuk mengetahui keefektifan produk dilakukan penghitungan dengan N-Gain yang memperoleh hasil 77, hasil tersebut masuk ke dalam kategori tinggi berarti efektif. Untuk mengetahui kepraktisan media interaktif laci hitung dilakukan dengan mengisi angket yang diisi oleh guru dan siswa. Hasil angket respon siswa memperoleh hasil 95% termasuk dalam kriteria sangat praktis, sedangkan hasil angket respon guru memperoleh hasil 91% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk multimedia interaktif laci hitung berbasis aplikasi unity pada kelas 3 dinyatakan valid serta dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, media interaktif laci hitung juga dikatakan praktis berdasarkan hasil respon guru dan siswa. Serta media interaktif laci hitung terbukti efektif karena terjadi peningkatan nilai yang cukup signifikan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media interaktif laci hitung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025