Kemasan merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi penting sebagai penunjang media promosi tidak langsung dan mampu membentuk persepsi konsumen terhadap produk. Salah satu peran dari kemasan yaitu sebagai media pendukung yang dapat memengaruhi preferensi pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan merancang kemasan baru yang lebih menarik dan modern dengan bantuan perangkat lunak desain grafis CorelDraw. Metode yang digunakan adalah action research, yang memungkinkan proses perbaikan dilakukan secara bertahap berdasarkan hasil evaluasi. Penilaian efektivitas desain dilakukan dengan menggunakan indikator EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, and Communication). Sebanyak 15 responden terlibat dalam penelitian ini, terdiri atas dua ahli di bidang pemasaran, dua ahli komputer desain, satu pemilik usaha, dan sepuluh calon konsumen atau konsumen. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, hasil pada siklus pertama menunjukkan bahwa desain masih belum mencapai efektivitas optimal. Pada desain siklus kedua menghasilkan peningkatan signifikan, dengan skor EPIC rate sebesar 4.69, yang menunjukkan hasil yang efektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain kemasan yang dikembangkan layak digunakan sebagai media promosi yang mendukung peningkatan daya saing produk. Selain itu, pemanfaatan file desain yang fleksibel memungkinkan Geti Nabil untuk melakukan pembaruan visual kemasan secara berkala, seiring dengan perkembangan tren pasar dan kebutuhan strategi pemasaran, sehingga relevansi produk tetap terjaga di mata konsumen.
Copyrights © 2025