Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan, khususnya di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan AI dalam mendukung proses belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan penyebaran kuesioner kepada 56 responden dengan teknik pursposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah iten pertanyaan yang disusun berdasarkan referensi dari topik yang dikaji, data dikumpulkan dengan menyebarkan item pertanyaan kepada responden melalui google form setelah data terkumpul, data dilakukan analisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden telah menggunakan teknologi AI, seperti ChatGPT, Gemini AI, dan lainnya, sebagai bagian dari aktivitas akademik mereka. Mahasiswa menyatakan bahwa AI memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, membantu memahami materi secara personal, serta memungkinkan fleksibilitas dalam waktu belajar. Di sisi lain, mereka juga mengkhawatirkan potensi ketidakakuratan data, berkurangnya interaksi langsung dengan dosen, serta risiko ketergantungan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa AI memberikan dampak positif yang signifikan, namun penggunaannya tetap perlu dilakukan secara bijak dan kritis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan pemanfaatan AI dalam pendidikan tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025