Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian
Vol 32 No 2 (2025): Agustus

Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merk Sebagai Variabel Moderasi

Pakanyamong, Ambo Abd. Kadir (Unknown)
Amu, Chantica Febby (Unknown)
Yatim, Hertasning (Unknown)
Saida, Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin pesat, yang ditandai dengan munculnya berbagai pelaku usaha baru. Kondisi ini menimbulkan persaingan ketat sehingga setiap pelaku bisnis dituntut mampu mempertahankan eksistensinya sekaligus mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian, serta peran citra merek baik sebagai variabel independen maupun variabel moderasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan melibatkan 75 responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS 3 dengan uji outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan lain menunjukkan bahwa citra merek sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, namun memperkuat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

agrolandnasional

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian (P-ISSN: 0854-641X ; E-ISSN: 2407-7607) is a scientific journal published by Tadulako University. This journal specializes in the study of agriculture. The managers invite scientists, scholars, professionals, and researchers in the disciplines of Agriculture to ...