Penilitian ini dilandasi karena muncul banyak kreator konten atau influencer mendapatkan pengikut secara instan, namun mudah dilupakan. Perlunya citra diri (personal branding) oleh seorang influencer, agar membentuk pribadi yang dikenal dengan keunikannya. Dian Widayanti, dikenal sebagai halal lifestyle influencer di Instagram karena keingintahuannya akan halal. Konten tersebut menjadikannya unik dan diikuti banyak orang, sehingga banyak perusahaan berkerjasama dengan Dian. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara Dian membangun citra diri sebagai penggiat gaya hidup halal, dan cara Dian membuat konten. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, studi kasus pada akun Instagram Dian Widayanti. Penelitian dengan deskriptif kualitatif agar memeroleh data yang dijabarkan secara deskriptif. Sebagai instrument pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memakai teori citra diri (personal branding) dari Mc Nally dan Peter Montoya untuk melihat proses Dian dalam membentuk dirinya sebagai kreator konten gaya hidup halal. Hasilnya Dian berhasil membentuk citra diri sebagai kreator konten gaya hidup halal di Instagram.
Copyrights © 2025