Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Scramble Kelas III SDN 296/VI Rantau Panjang

Sari, Mayang (Unknown)
Agrita, Tri Wera (Unknown)
Nofrianni, Elvima (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Scramble pada peserta didik kelas III SD Negeri 296/VI Rantau Panjang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan awal bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran akibat metode pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan siswa selama proses pembelajaran dan capaian hasil belajar. Aktivitas belajar siswa meningkat dari kategori “cukup baik” pada siklus I menjadi “sangat baik” pada siklus II. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan hingga mencapai 80% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa model Scramble efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mampu mendorong pemahaman siswa terhadap materi secara lebih optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...