Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Scramble pada peserta didik kelas III SD Negeri 296/VI Rantau Panjang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan awal bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran akibat metode pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan siswa selama proses pembelajaran dan capaian hasil belajar. Aktivitas belajar siswa meningkat dari kategori “cukup baik” pada siklus I menjadi “sangat baik” pada siklus II. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan hingga mencapai 80% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa model Scramble efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mampu mendorong pemahaman siswa terhadap materi secara lebih optimal.
Copyrights © 2025