Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 36/VI Rantau Panjang

Ilahi, Kurnia (Unknown)
Putra, Randi Eka (Unknown)
Megawati, Megawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Partisipasi aktif yang terbatas dan rendahnya capaian akademik dalam mata pelajaran Matematika di kalangan siswa kelas IV SD Negeri 36/VI Rantau Panjang menjadi alasan mendasar dilaksanakannya penelitian ini. Masih digunakannya metode pengajaran yang bersifat konvensional turut berkontribusi terhadap menurunnya semangat belajar, kurangnya keterlibatan, dan minimnya ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri dalam meningkatkan proses serta hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus berulang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data mencakup lembar observasi terstruktur untuk memantau aktivitas guru dan siswa, serta tes yang dirancang guna mengukur hasil belajar. Temuan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran dan secara signifikan membantu memperbaiki capaian akademik mereka. Pada akhir setiap siklus, terjadi peningkatan yang mencolok dalam jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri efektif dalam meningkatkan mutu proses dan hasil belajar Matematika. Selain itu, pendekatan ini memiliki potensi besar untuk diterapkan secara lebih luas sebagai strategi pembelajaran aktif yang relevan di jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...