Sekolah inklusi merupakan sekolah yang mengakomodasikan semua murid, termasuk murid dengan kebutuhan khusus dalam satu lingkungan belajar yang sama. Anak yang memiliki gangguan neurologi memiliki beberapa keterbatasan, antara lain kemampuan kognitif, motorik dan sensorik. Adapun tujuan dari pengimplementasian shadow teacher yaitu untuk membantu anak dengan gangguan neurologi berlajar dan beraktifitas seperti murid–murid yang lain. Program ini dijalankan dalam empat tahapan utama: identifikasi kebutuhan ABK, penyusunan Rencana Pembelajaran Individual (RPI), pelaksanaan pendampingan oleh shadow teacher, dan evaluasi berkala. Kehadiran shadow teacher tidak hanya mendukung aspek akademik, tetapi juga membantu ABK dalam pengembangan sosial, emosional, dan spiritual melalui berbagai aktivitas sekolah. Kolaborasi antara guru, terapis, psikolog, dan orang tua menjadi pilar utama dalam keberhasilan program ini. Melalui shadow teacher menjadi jembatan bagi anak berkebutuhan khusus guna membangun kemampuan bersosialisasi dengan murid yang lain, mampu menjelaskan materi yang sulit dipahami oleh anak, menerapkan kebiasaan baik dan mandiri Hasilnya, siswa dengan kebutuhan khusus mampu beradaptasi dan berkembang lebih optimal di lingkungan kelas reguler. Program ini menjadi contoh nyata bahwa dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang menyeluruh, pendidikan inklusif dapat diwujudkan secara efektif dan memiliki makna sehingga berdampak besar bagi Anak berkebutuhan khusus.
Copyrights © 2025