Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pembagian pada siswa kelas 3 SD melalui metode tusuk sate berbasis media realia plastisin. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kesulitan siswa dalam memahami konsep pembagian secara abstrak dan kecenderungan guru menggunakan metode tradisional yang kurang interaktif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN 9 Jambu sebanyak 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tusuk sate dengan plastisin secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 62 (pra-siklus) menjadi 74 (siklus I) dan 79 (siklus II). Selain itu, siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan percaya diri dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode tusuk sate berbasis media realia plastisin efektif dalam membantu siswa memahami konsep pembagian secara konkret dan menyenangkan.
Copyrights © 2025