Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan
Vol. 3 No. 2 (2024): Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan

IMPLEMENTASI PANDANGAN FILSAFAT POSITIVISME, PROGRESIVISME, HUMANISME, DAN PANCASILA DALAM PRAKTEK PENDIDIKAN

Umami, Nailariza (Unknown)
Wardoyo, Cipto (Unknown)
Hermawan, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi pandangan filsafat Positivisme, Progresivisme, Humanisme, dan Pancasila dalam praktik pendidikan di Indonesia. Dengan metode tinjauan literatur, penelitian ini menganalisis peran masing-masing filsafat dalam membentuk sistem pendidikan yang inklusif dan adaptif. Positivisme memberikan kerangka kerja berbasis data empiris untuk evaluasi dan kurikulum yang terukur, sementara Progresivisme berfokus pada pembelajaran berbasis siswa yang fleksibel dan relevan dengan kebutuhan individu. Humanisme menekankan pengembangan potensi holistik siswa mencakup aspek intelektual, emosional, sosial, dan spiritual. Pendekatan Pancasila mengintegrasikan nilai-nilai moral dan kebangsaan untuk membentuk karakter siswa yang religius, demokratis, dan toleran. Gabungan pendekatan ini menciptakan keseimbangan antara modernisasi pendidikan dengan penguatan nilai-nilai lokal, meskipun menghadapi tantangan seperti ketimpangan sumber daya pendidikan dan kurangnya pemahaman mendalam oleh pendidik. Studi ini merekomendasikan sinergi berbagai filsafat pendidikan untuk menciptakan sistem yang komprehensif dan responsif terhadap kebutuhan masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

civilia

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Civilia, Jurnal Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, sebuah jurnal akademik yang berfokus pada studi kewarganegaraan yaitu pendidikan kewarganegaraan (kurikulum, pengajaran, media pembelajaran, dan evaluasi), pendidikan politik, pendidikan hukum, pendidikan moral, dan pendidikan multikultural. Kami ...