YUME : Journal of Management
Vol 8, No 3 (2025)

Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM di Kalangan Mahasiswa (Studi Mahasiswa Pancabudi)

TriMutia, Anggun (Unknown)
Sanny, Annisa (Unknown)
Sintya, Silvi (Unknown)
Aulia, Silvani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada pelaku UMKM. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling sebanyak 30 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji t untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai t-hitung sebesar 2,023 lebih besar dari t-tabel 1,69 dan nilai signifikansi mendekati batas pengujian. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran dapat meningkatkan minat dan keputusan konsumen dalam membeli produk UMKM. Oleh karena itu, pelaku UMKM disarankan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam strategi pemasaran guna meningkatkan penjualan.Kata Kunci: Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, UMKM

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...