Pokok permasalahan yang di bahas adalah bagaimana proses klasifikasi bahan pustaka dan kendala yang dihadapi dalam proses klasifikasi bahan pustaka di perpustakaan SMK Negeri 4 Kabupaten Soppeng.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses klasifikasi bahan pustaka dan kendala yang dihadapi dalam proses klasifikasi bahan pustaka yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan di perpustakaan SMK Negeri 4 Kabupaten Soppeng.Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian dilakukan dengan wawancara dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas dari sejumlah permasalahan yang diteliti tentang proses klasifikasi bahan pustaka di Perpustakaan SMK Negeri 4 Kabupaten Soppeng. Sumber data yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan bagian pelayanan teknis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik pengolahan dan analisis data yaitu peringkasan data, penyajian data secara tertulis, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses klasifikasi bahan pustaka yang ada di perpustakaan SMK Negeri 4 Kabupaten Soppeng antara lain menentukan sistem klasifikasi yang digunakan, menyiapkan bagan klasifikasi, menentukan subjek buku, menentukan nomor klasifikasi dan jumlah koleksi yang diklasifikasi dalam sehari. Kendala dalam proses klasifikasi bahan pustaka di perpustakaan SMK Negeri 4 Kabupaten Soppeng adalah kurangnya tenaga pengelola perpustakaan, minimnya pengetahuan pengelola perpustakaan tentang klasifikasi dan sistem pengolahan yang digunakan di perpustakaan masih manual.
Copyrights © 2025