Zenit
Vol 2, No 3 (2013)

Mediating Structural and Communicative Grammar Teaching and Testing: The Application of Alternative Assessment in Creative Grammar-in-Context Teaching

Sian, Fie (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2016

Abstract

Dengan metoda pengajaran yang tidak tradisional dan kreatif yang mengikuti pendekatan Communicative Language dalam mengajar grammar bahasa Inggris, siswa diajak untukmengaplikasikan pola grammar secara langsung dalam percakapan dalam konteks nyata yang dipakai oleh bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang dipakai adalah cara pengajaran kreatif dimana mahasiswa difasilitasi untuk bercakap-cakap baik berpasangan maupun berkelompok dalam suatu konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk game, role play, informationgap activity dan berbagai teknik CLT lainnya. Oleh sebab itu, dengan menggunakan metodapengajaran yang tidak tradisional ini, akan lebih sesuai jika cara penilaian terhadap siswa sejalan dengan metoda ini, yang dinamakan Alternative Assessment. Dalam metoda penilaian yang tidak tradisional ini, perkembangan siswa dalam berkomunikasi menggunakan pola grammar yang benardalam bahasa asing ini dapat dinilai dengan lebih menyeluruh dan benar-benar berfokus pada kemampuan berbahasa Inggris mereka. Dalam artikel ini akan dibahas berbagai teori yangmenggambarkan metoda pengajaran grammar yang komunikatif dan kreatif dalam CommunicativeLanguage Teaching Approach dalam kaitannya dengan penilaian Alternative Assessment.Keywords: alternative assessment, authentic, communicative language teaching, creative, grammar in contexts, focus on form, indirect language learning

Copyrights © 2013