Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas I SD tentang bagian tubuh manusia melalui media pembelajaran audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media pada penelitian pengembangan ini harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli media, ahli materi,dan angket tanggapan guru agar memperkuat validasi media. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran audiovisual untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bagian-bagian tubuh. Media audiovisual dinyatakan valid yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli media pembelajaran sebesar 80% dan 98%, validasi ahli materi sebesar 92% dan 80%. Media pembelajaran video animasi juga dinyatakan praktis dengan dibuktikan dengan hasil tanggapan guru sebesar 96%. Tingkat keefektifan media audiovisual terhadap pemahaman bagian-bagian tubuh menunjukkan adanya peningkatan pada hasil post-test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test. Dari nilai pre-test 50 dan post-test 95 dapat disimpulkan bahwa pemahaman bagian-bagian tubuh oleh siswa di katakan meningkat setelah menggunakan media audiovisual.
Copyrights © 2025