Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan, kelayakan, kevalidan, dan keefektifan media kartu NOBAR pada materi ciri dan sifat bangun datar kelas IV SDN 2 Lebak. Metode penelitian menggunakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (RD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE serta desain pretes-postes satu kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, evaluative, dan kuantitatif. Instrument yang digunakan berupa angket penilaian validasi materi, validasi media, validasi kepraktisan, respon peserta didik, dan tes (pre test dan post test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran yang terdapat di SD Negeri 2 Lebak sangatlah terbatas dan kurang maksimal dalam proses pembelajaran siswa sehingga dibutuhkan pengembangan media pembelajaran yaitu media kartu domino bangun datar. Media Kartu Domino Bangun Datar (NOBAR) dengan Pendekatan Active Learning mendapatkan persentase penilaian kelayakan dan kevalidan materi 88,6% dan ahli media 98%. Sedangkan hasil dari uji kepraktisan guru kelas memperoleh nilai 97,5%. Pada uji keefektifan memperoleh n-gain score sebesar 0,68 dengan kriteria sedang dan n-gain persen sebesar 68% dengan kategori cukup efektif. Kesimpulannya Media Kartu Domino Bangun Datar (NOBAR) dengan Pendekatan Active Learning cukup efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman penalaran konsep materi Ciri dan Sifat Bangun Datar. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah Media Kartu Domino Bangun Datar (NOBAR) dengan Pendekatan Active Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk meningkatkan keterampilan penalaran matematis konsep Ciri dan Sifat Bangun Datar kelas IV semester 2 Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025