Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil obervasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis. Terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan senilai. Guru hanya menjelaskan melalui metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan medianpembelajaran papan pecahan senilai (PANNI) pada materi pecahan senilai kelas IV SDN Subah 02. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RD) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Subah 02 sebanyak 22 siswa. Hasil dari penelitian pengembangan media PANNI mendapatkan hasil validasi ahli materi sebesar 96% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli media pembelajaran sebesar 86% dengan kriteria sangat valid. Dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria kepraktisan yang diperoleh dari angket respon guru sebesar 92% dan angket respon siswa sebesar 95%. Berdasarkan presentase tersebut, pengembangan media PANNI pada pelajaran matematika materi pecahan senilai dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan pada materi pecahan senilai di kelas IV SD.
Copyrights © 2025