Alat peraga dalam pembelajaran IPA berfungsi sebagai media bantu untuk menjelaskan konsep IPA menggunakan objek nyata. Penggunaan alat peraga dapat membantu proses belajar mengajar IPA menjadi lebih efisien dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan alat peraga pada sistem peredaran darah dalam pembelajaran IPA bagi siswa kelas 5 di MI Al-Barokah Ajung Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui dokumentasi, obsevasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga sistem peredaran darah dalam proses belajar mengajar di MI Al-Barokah Ajung Jember efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, karena mereka mampu memahami konsep abstrak dalam materi sistem peredaran darah dengan lebih baik. Peneliti merekomendasikan agar penelitian selanjutnya mengembangkan alat peraga yang lebih interaktif dan efektif.
Copyrights © 2025