Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran flashcard berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan dan berhitung pada siswa kelas I SD yang dikembangkan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil validasi ahli menunjukkan kategori sangat valid dari ahli materi 93,75%, media 92,85%, dan keterbacaan 93,75%. Respon guru diperoleh persentase 91,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan uji coba peserta didik yaitu uji coba terbatas diperoleh siswa memberikan respon positif dan uji coba luas diperoleh persentase rata-rata skor 92,77% dengan kategori sangat praktis. Uji coba keefektifan memperoleh persentase rata-rata skor 76,416% dengan kategori tinggi. Dengan demikian media flashcard berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan dan berhitung pada siswa kelas I SD telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan sehingga dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran matematika di SD.
Copyrights © 2025