Pendidikan Agama Islam adalah usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa dalam mengamalkan ajaran agama Islam di kehidupan kesehariannya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah membangun hubungan emosional dengan siswa, sehingga meningkatkan minat belajar dan membangkitkan motivasi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran PAI keseluruhan. Berdasarkan temuan awal yang peneliti temukan di SMP Islam Al-Kautsar, masih terdapat siswa yang canggung atau segan untuk berinteraksi dengan guru. Guru cukup kesulitan mengetahui dan memahami kondisi siswa secara personal. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hubungan Emosional Guru dan Siswa terhadap Minat Belajar PAI di SMP Islam Al-Kautsar Bogor. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Statistik Deskriptif, Uji Normalitas dan Uji Linearitas, serta Analisis Statistik Inferensial. Berdasarkan output hasil uji hipotesis, diketahui nilai signifikansi (Sig,) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil juga tercermin pada nilai dari R. Square pada Model Summary sebesar 0,566. Nilai ini menunjukkan bahwa pengaruh Hubungan Emosional terhadap Minat Belajar PAI adalah sebesar 56,6% sedangkan 43,4% Minat Belajar dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Copyrights © 2025