Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model artikulasi terhadap pembelajaran teks fabel. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Tes yang dilakukan dalam penelitian yaitu tes ujuk kerja di mana siswa menceritakan kembali teks fabel yang telah dipahami. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII.3 (eksperimen) dan kelas VII.4 (control) di SMP Negeri 1 Jejawi tahun ajaran 2023/2024. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS 22 dan uji-t digunakan untuk analisis. Berdasarkan tes, rata-rata tes awal kelompok eksperimen 66,83 dan tes akhir 80,66. Nilai rata-rata tes awal kelompok kontrol adalah 66 dan tes akhir 74,75. Rata-rata hasil tes akhir menunjukkan hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol, yaitu 80,66>7475. Jadi nilai rata-rata kelas eksperimen ini lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai thitung 3,211 dan signifikasi (2-talied) sebesar 0,000. Hal ini menyatakan bahwa thitung (3,221)>ttabel(1,672) dan derajat keabsahan 58 (df58). Dengan ini kriteria pengtes, yaitu bahwa probability < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima. Dengan demikian model artikulasi ini memiliki keefektifan terhadap kemampuan berbicara pada teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jejawi
Copyrights © 2025