Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara komitmen afektif (affective commitment/AC), kecocokan individu dengan organisasi (fit to organization/FO), dan perilaku tidak etis yang menguntungkan organisasi (unethical pro-organizational behavior/UPoB) dalam konteks usaha mikro dan kecil (UMK). Data dikumpulkan dari 153 responden yang merupakan karyawan UMK di Jawa Tengah melalui kuesioner terstruktur. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap fit to organization. Namun, baik pengaruh langsung komitmen afektif terhadap UPoB maupun pengaruh FO terhadap UPoB tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa hubungan antara keterikatan emosional terhadap organisasi dan kecenderungan melakukan perilaku tidak etis tidak bersifat langsung, serta dipengaruhi oleh faktor lain yang belum tercakup dalam model. Studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur mengenai perilaku tidak etis dalam konteks UMK serta menyarankan perlunya pendekatan multidimensi untuk memahami faktor pendorong UPoB.
Copyrights © 2025