SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 3 (2025)

PENGEMBANGAN KIT PEMBUAT KERTAS DARI AMPAS TEBU DENGAN PENDEKATAN HANDS-ON LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Firdaus, Ratna Anisa (Unknown)
Martitik, Dwiyani Anjar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

The development of a paper-making kit from sugarcane pulp is the development of learning media in the form of a kit with a hands-on learning approach. This study aims to develop learning media in the form of a Paper Making Kit from Sugarcane Bagasse with a Hands-on Learning approach on environmental pollution material for grade VII students of SMP/MTs. The background of this study is the low student activity and the minimal use of interesting and contextual learning media. The research method used is Research and Development (R&D) with the 4-D model (Define, Design, Development, and Disseminate), which in this study is limited to the Development stage. Validation was carried out by media experts and material experts with results of 97.33% and 88.6% respectively, indicating a very valid category. Product trials were conducted on 25 students of Class VII C MTs. An-Nur Daren and obtained student response results of 85.5% with a very feasible category. The results of the study indicate that the use of this Kit can increase student activity in learning, strengthen understanding of the concept of environmental pollution, and raise awareness of the importance of recycling and environmental preservation. This Kit also integrates simple practical activities that are easy to do and relevant to students' daily lives. Thus, this Sugarcane Bagasse Paper Making Kit is declared worthy as an innovative and educational learning medium that is able to foster student activeness. ABSTRAKPengembangan kit pembuat kertas dari ampas tebu merupakan pengembangan media pembelajaran berupa kit dengan pendekatan hands-on learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Kit Pembuat Kertas dari Ampas Tebu dengan pendekatan Hands-on Learning pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate), yang pada penelitian ini direduksi sampai tahap Development. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan hasil masing-masing sebesar 97,33% dan 88,6%, menunjukkan kategori sangat valid. Uji coba produk dilakukan kepada 25 siswa Kelas VII C MTs. An-Nur Daren dan memperoleh hasil respon siswa sebesar 85,5% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kit ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, memperkuat pemahaman terhadap konsep pencemaran lingkungan, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya daur ulang dan pelestarian lingkungan. Kit ini juga mengintegrasikan kegiatan praktikum sederhana yang mudah dilakukan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan demikian, Kit Pembuat Kertas dari Ampas Tebu ini dinyatakan layak sebagai media pembelajaran yang inovatif dan edukatif yang mampu menumbuhkan keaktifan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...