Journal of Education Action Research
Vol 9 No 2 (2025): May

Optimalisasi Rapor Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Penggerak

Mayuni, Ni Putu Wiwik (Unknown)
Yudana, I Made (Unknown)
Sulindawati, Ni Luh Gede Erni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Pemanfaatan Rapor Pendidikan di Sekolah Penggerak masih menghadapi kendala dalam cakupan data, kualitas yang bervariasi, serta dominasi data kuantitatif. Minimnya pengukuran keterampilan lunak serta kesulitan interpretasi data menghambat pengambilan keputusan dan perancangan intervensi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana Rapor Pendidikan dimanfaatkan oleh satuan pendidikan dalam menganalisis capaian pembelajaran, serta bagaimana data dan rekomendasi yang disajikan dapat dijadikan dasar dalam perencanaan dan pelaksanaan program peningkatan mutu.  Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menilai efektivitas Rapor Pendidikan dalam penyusunan program berbasis data. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka, bendahara, guru, dan operator sekolah di tiga Sekolah Penggerak jenjang SMP dengan total 94 responden. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan evaluasi model CIPP dengan pendekatan analisis kuadran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Rapor Pendidikan dinilai efektif dalam aspek Context, Process, dan Product, tetapi masih lemah pada aspek Input. Pola evaluasi (+-++) mengindikasikan bahwa meskipun program memberikan dampak positif, validitas data, kesiapan tenaga pendidik, dan infrastruktur pendukung masih menjadi tantangan utama. Diperlukan penguatan aspek Input melalui optimalisasi pelatihan berbasis kebutuhan yang berfokus pada pengembangan keterampilan analisis data bagi tenaga pendidik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi pemanfaatan Rapor Pendidikan memiliki peran strategis dalam mendorong peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Penggerak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...