Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2025): Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan

Strategi Inovatif Pembelajaran Sosiologi Melalui Pendekatan PJBL dan Teknologi Interaktif dalam Mengkaji Konflik Sosial dan Perilaku Menyimpang di Sekolah SMA Negeri 3 Padang

Miralda Devinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi inovatif pembelajaran sosiologi  melalui  integrasi  pendekatan Project-Based Learning  (PjBL)  dan  teknologi interaktif dalam pembelajaran topik konflik sosial dan perilaku menyimpang di SMA Negeri 3 Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PjBL yang dikombinasikan dengan media digital seperti video edukatif dan aplikasi Quizizz mampu meningkatkan keterlibatan, pemahaman, serta kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Siswa lebih aktif dalam diskusi, antusias dalam kuis daring, serta menunjukkan pemahaman yang lebih kontekstual terhadap materi sosiologi. Meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan koneksi internet, pembelajaran ini tetap efektif dalam mendorong siswa untuk mengaitkan teori dengan realitas sosial di lingkungan mereka. Kesimpulannya, strategi ini relevan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran sosiologi berbasis Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

crt

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The publication of Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion, and updating of ideas from academics related to the discussion of the structure and dynamics of educational institutions, Curriculum Development, Learning Models, Classroom Action Research, School ...