Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi peran guru dalam pembelajaran Sosiologi berbasis Project Based Learning (PjBL) di jenjang pendidikan menengah. Perubahan paradigma pendidikan di era Kurikulum Merdeka mendorong guru tidak lagi berperan sebagai pusat informasi, melainkan sebagai fasilitator, desainer pembelajaran kontekstual, dan penilai autentik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi dari sejumlah guru Sosiologi di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL mendorong guru untuk berperan aktif dalam merancang proyek sosial yang relevan, membimbing siswa dalam proses investigasi lapangan, serta melakukan penilaian menyeluruh terhadap aspek kognitif, afektif, dan keterampilan. Transformasi ini memperkuat profesionalisme guru sekaligus menjadikan pembelajaran Sosiologi lebih bermakna, partisipatif, dan kontekstual. Meskipun terdapat tantangan, seperti keterbatasan waktu dan kesiapan siswa, strategi adaptif guru terbukti mampu mengoptimalkan potensi PjBL sebagai pendekatan pembelajaran transformatif.
Copyrights © 2025