CEJou
Vol. 6 No. 1 (2025): Central Journal of Education (CEJou) July

Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Ekonomi: Studi Pada Prodi Manajemen Bisnis Syariah

Aufin, Muhammad (Unknown)
Afifah, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Di era modernisasi pendidikan, pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai agama ke dalam kurikulum semakin nyata. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kompetensi mahasiswa secara holistik. Penelitian ini berfokus pada bagaimana nilai-nilai Islam dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika ekonomi di Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Tujuannya adalah untuk mendukung pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik tetapi juga pada nilai-nilai moral dan etika Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen pembelajaran untuk memperoleh gambaran komprehensif tentang proses integrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dicapai melalui penerapan prinsip-prinsip Syariah dalam materi matematika ekonomi, seperti keadilan, kejujuran, dan tanggung jawab. Lebih lanjut, contoh-contoh relevan ekonomi Islam digunakan. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika tetapi juga memperkuat karakter mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kesimpulannya, integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika ekonomi efektif dalam membangun kompetensi akademik dan karakter Islam mahasiswa. Dengan demikian, hal ini berkontribusi positif terhadap kualitas pendidikan, khususnya di bidang manajemen bisnis Syariah. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan modul pembelajaran yang mengakomodir aspek nilai dan penguatan pelatihan bagi dosen untuk menjamin implementasi integrasi yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cejou

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The focuses of the manuscript received in the CEJou journal is limited to the topic: 1. Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 2. Biology Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 3. Mathematics Education (Media, Educational Policy, ...