Economics and Digital Business Review
Vol. 7 No. 1 (2025): Agustus - Januari

Pengaruh Kompetensi Pemasaran Digital Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Pt Sumber Alfaria Trijaya, TBK (Alfamart) Kota Bekasi

Rahmasari, Sri Panny (Unknown)
Permadi, Hendra (Unknown)
Tesmanto, Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong perusahaan ritel untuk mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis digital, yang menuntut karyawan memiliki kompetensi pemasaran digital memadai. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi pemasaran digital terhadap kepuasan kerja karyawan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) di Kota Bekasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei, melibatkan populasi 3.387 karyawan. Sampel sebanyak 97 responden ditentukan melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner tertutup dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja (B = 0,802; p < 0,001; R² = 0,407). Hal ini berarti 40,7% variasi kepuasan kerja dapat dijelaskan oleh kompetensi digital. Temuan ini sejalan dengan teori Herzberg, Job Characteristics Model, Self-Determination Theory, TAM/UTAUT, dan Social Exchange Theory. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada literatur hubungan kompetensi digital dan kepuasan kerja, serta implikasi praktis bagi manajemen sumber daya manusia. Penelitian selanjutnya disarankan menambahkan variabel mediasi atau moderasi dengan desain longitudinal. Kata Kunci: kompetensi pemasaran digital, kepuasan kerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...