Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
Vol 8, No 1 (2025): Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), August

Studi Kinerja Karyawan di PT. Sumber Bintang Rejeki Kabupaten Semarang dengan Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi dan Employee Engagement sebagai Prediktor

Dewi, Aprillia Kusuma (Unknown)
Guritno, Bambang (Unknown)
Supriyadi, Andhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Sumber daya manusia merupakan komponen penting bagi setiap perusahaan dalam mencapai targetnya. Budaya organisasi berperan penting dalam menentukan perkembangan suatu organisasi, sementara komitmen organisasi berdampak positif terhadap kinerja karyawan. Tingkat employee engagement yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas serta mendukung profitabilitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 122 karyawan PT. Sumber Bintang Rejeki, Kabupaten Semarang, sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Data dianalisis menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS, meliputi uji validitas dan reliabilitas untuk menguji instrumen penelitian. Selain itu, dilakukan uji hipotesis untuk mengonfirmasi diterima atau ditolaknya hipotesis yang diajukan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa budaya organisasi, komitmen organisasi, dan employee engagement berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun budaya organisasi yang kuat, menjaga tingkat komitmen yang tinggi, serta mendorong keterlibatan karyawan sebagai upaya strategis untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan keberhasilan organisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jehss

Publisher

Subject

Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), publish by Mahesa Research Center, for sources of information and communication for academics and observers about science and methodology. Published papers are the results of research, reflection, and actual critical studies with respect ...