Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti
Vol 6 No 2 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti

Implikasi Filosofis Idealisme di Indonesia : Kajian Perspektif Guru Matematika Berbagai Tingkatan Sekolah

Silitonga, R. H. Yanti (Unknown)
Dasari, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implikasi filosofis dari pendidikan idealisme sebagai teori pendidikan di Indonesia, dengan fokus pada pandangan guru matematika di berbagai tingkatan pendidikan (SD, SMP, SMA, dan SMK). Dalam konteks global yang semakin menuntut pendidikan adaptif dan progresif, penelitian ini mengevaluasi relevansi idealisme sebagai dasar filosofis pendidikan di era modern. Metode kualitatif digunakan melalui kuesioner yang terdiri dari 30 pernyataan, di mana data dianalisis secara deskriptif untuk mengeksplorasi persepsi guru. Sampel penelitian melibatkan 30 guru yang dipilih secara acak dari berbagai sekolah di Provinsi Maluku, terdiri dari 11 guru SD, 12 guru SMP, 3 guru SMA, dan 4 guru SMK (6 laki-laki dan 24 perempuan). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase, dan distribusi frekuensi. Temuan menunjukkan bahwa guru-guru di Indonesia menilai penerapan pandangan pendidikan idealis di seluruh sekolah cenderung memiliki pandangan antusias dengan rata-rata skor keseluruhan 4.29. Domain tujuan pendidikan memperoleh peringkat tertinggi (rata-rata 4.40), sedangkan domain peran guru berada pada peringkat terendah (rata-rata 4.16). Hasil ini mencerminkan dukungan dalam mengintegrasikan idealisme ke dalam sistem pendidikan Indonesia yang kontekstual dan responsif terhadap isu-isu global, seperti digitalisasi, keberlanjutan, dan pendidikan berbasis kompetensi. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengambil kebijakan untuk meninjau pendekatan filosofis dalam pendidikan nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti menerbitkan makalah penelitian dari para peneliti yang mencakup penelitian di bidang Pendidikan Matematika dan ...