Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART DILENGKAPI QUICK RESPON (QR) CODE PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Fadillah, Izzatul (Unknown)
Hasyim, Mutahharah (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengadopsi desain pengembangan modifikasi model ADDIE yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa flipchart pada materi perubahan iklim. Media flipchart yang dikembangkan dirancang untuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi secara visual dan interaktif, sehingga memudahkan peserta didik memahami konsep perubahan iklim. Penelitian ini melibatkan 2 pendidik fisika dan 27 peserta fifik kelas X SMA Negeri 8 Makassar. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Proses pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai respon, pendapat, dan tingkat penerimaan terhadap media pembelajaran. Sebelum memberikan penilaian, responden terlebih dahulu mendapatkan panduan penggunaan media, kemudian menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan formula Gregory untuk menguji validitas isi. Hasil analisis menunjukkan nilai validitas isi sebesar 1 atau 100%, yang mengindikasikan media berada pada kategori valid. Respon dari pendidik dan peserta didik juga berada pada kategori sangat positif terhadap aspek minat, tampilan dan desain, serta penyajian materi. Berdasarkan temuan ini, media pembelajaran flipchart dinyatakan layak, efektif, dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...