Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 2 (2025): Mey - August

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah pada Pembelajaran Matematika

Aldi, Aldi (Unknown)
Hidayat, Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV di MIS Fauzan Al-Islamiyah Marindal dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MIS Fauzan Al Islamiyah Marindal. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki, dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan literasi numerasi siswa terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Sebanyak 8 siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tinggi, 7 siswa berkategori sedang, dan 7 siswa berkategori rendah. Siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi keseluruhan indikator literasi numerasi, termasuk kemampuan komunikasi, matematisasi, penalaran, representasi, penggunaan operasi hitung, dan penggunaan alat matematika. Siswa dengan kemampuan sedang memenuhi sebagian besar indikator, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah belum mampu memenuhi indikator yang dimaksud. Temuan ini menunjukkan perlunya upaya lebih lanjut dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi melalui pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan berpusat pada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...