Seiring meningkatnya persaingan di industri kuliner, memahami faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan menjadi kunci keberlangsungan UMKM Mie Gaplex. Untuk membangun loyalitas, UMKM perlu menjaga kepercayaan melalui konsistensi layanan dan memberikan pengalaman positif selama proses pembelian. Berdasarkan observasi, masih ditemukan ketidaksesuaian harapan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kepercayaan pelanggan dan pengalaman pelanggan memengaruhi loyalitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel bebas yaitu Kepercayaan Pelanggan (X1) dan Pengalaman Pelanggan (X2) serta satu variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebar kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan UMKM Mie Gaplex. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan pelanggan dan pengalaman pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.Hasil pengujian hipotesis secara parsial maupun simultan menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan dan pengalaman pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan UMKM Mie Gaplex. Penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan pelanggan memiliki kontribusi lebih besar daripada pengalaman pelanggan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan dan pengalaman pelanggan menjadi alasan utama loyalitas terhadap UMKM Mie Gaplex. Kepercayaan terbentuk dari konsistensi pelayanan dan kualitas produk yang sesuai dengan harapan pelanggan. Sementara itu, pengalaman positif seperti pelayanan yang baik dan cita rasa produk yang memuaskan juga turut meningkatkan loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2025