Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode Jigsaw pada pembelajaran Ipas Siswa Kelas V SD Negeri 9 Menteng Palangka Raya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data (data collection), reduksi Data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri 9 Menteng Palangka Raya terbukti efektif meningkatkan keaktifan, kerja sama, dan pemahaman siswa. Siswa menjadi lebih bertanggung jawab, percaya diri, dan terlibat dalam proses belajar. Meskipun ada tantangan dalam manajemen waktu dan variasi partisipasi, secara keseluruhan metode ini menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Copyrights © 2025