Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 8 (2025): Karimah Tauhid

Perencanaan Model Pembelajaran PjBL untuk Membangun Karakter Disiplin Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Harjasari 01

Oktavianti, Dinda Mega Putri (Unknown)
Rasmitadila (Unknown)
Hanrezi Dhanis Hasnin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dalam membangun karakter disiplin siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Harjasari 01. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Simple Research Design, penelitian ini melibatkan siswa, dan guru sebagai partisipan yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan pandangan yang komprehensif mengenai penerapan model PjBL dan dampaknya terhadap karakter disiplin siswa. Analisis data dilakukan dengan pengkodean untuk mengidentifikasi tema-tema yang muncul, serta membandingkan informasi dari berbagai sumber. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan PjBL bukan sekedar meningkat keterlibatan saat proses pembelajaran, selain itu berkontribusi pada pengembangan karakter disiplin melalui tanggung jawab dalam menyelesaikan proyek. penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor yang mendukung, seperti dukungan guru dan keterlibatan orang tua, serta hambatan yang dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya dan waktu. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas model PjBL dalam meningkatkan disiplin siswa dan faktor-faktor yang mendukung atau menghambat pelaksanaannya, serta menyertakan model untuk meningkatkan Pendidikan di sekolah dasar.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...