Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan
Vol 35 No 2 (2025): Integrasi Kurikulum, Metode dan Penilaian dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pend

Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Spiritualitas Siswa di Era Digital

Suhendi, Suhendi (Unknown)
Mulyana, Nana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Sebagai pendidik, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan spiritual siswa di tengah tantangan era digital saat ini. Untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, penulis melakukan penelitian di MTs Sirojul Athfal Bogor melalui pendekatan observasi partisipatif selama tiga bulan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Selama masa observasi, penulis mengamati berbagai kegiatan pembiasaan spiritual seperti salat Dhuha, doa bersama, membaca Al-Qur’an, serta integrasi nilai-nilai akhlakul karimah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun lingkungan sekolah berbasis Islam, sebagian siswa belum memahami urgensi kecerdasan spiritual secara menyeluruh. Dalam hal ini, guru PAI memainkan peran sebagai motivator, teladan, dan fasilitator yang aktif dalam menumbuhkan kebiasaan spiritual positif. Kepribadian guru yang inspiratif dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi faktor penting dalam membentuk kecerdasan spiritual yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, guru PAI memiliki kontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman yang membekas dalam diri siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

attadbir

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The Focus of Jurnal At-Tadbir (JAT) on religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...