Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menurunnya karakter jujur dan tanggung jawab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah, yang mencerminkan lemahnya keteladanan guru dan tidak optimalnya strategi pembinaan nilai. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi strategi sistemik dalam menumbuhkan nilai-nilai tersebut melalui pendekatan literatur. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan teknik content analysis terhadap sumber-sumber ilmiah primer dan sekunder yang relevan yang terdiri dari 14 artikel yang terbit dari tahun 2017 – 2022. Kajian ini berpijak pada teori Moral Development (Kohlberg), Social Learning (Bandura), dan Character Education (Lickona) sebagai kerangka analisis. Data dianalisis berdasarkan hasil temuan literatur yang disusun melalui protokol ketat dan terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru, pembiasaan nilai, serta penilaian reflektif menjadi strategi kunci dalam membentuk karakter jujur dan tanggung jawab peserta didik. Kesimpulannya, pembentukan karakter tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial yang mendukung dan figur otoritatif yang konsisten sebagai teladan hidup. Hasil ini menjadi perhatian terhadap penyelenggara pendidikan dan guru untuk senantiasa menjadi teladan. Strategies for strengthening honest and responsible character in islamic elementary education Abstract: This study is motivated by the decline in honesty and responsibility among Madrasah Ibtidaiyah students, reflecting weak teacher role models and ineffective value formation strategies. The aim is to explore systemic strategies for fostering these character traits through a literature-based approach. The method used is a Systematic Literature Review (SLR) employing content analysis on relevant primary and secondary academic sources. The analysis framework is grounded in Kohlberg’s Moral Development Theory, Bandura’s Social Learning Theory, and Lickona’s Character Education Theory. Data were examined using a structured protocol to ensure rigor and relevance. The findings reveal that teacher modeling, value habituation, and reflective assessment are crucial strategies for shaping honesty and responsibility in students. It concludes that character development is inseparable from a supportive social environment and consistent authoritative figures who embody the values they teach.
Copyrights © 2025