Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh penggunaan media Macro VBA Excel terhadap kreativitas peserta didik kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 3 Sukoharjo. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari 72 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes kreativitas verbal berdasarkan Torrance Test of Creative Thinking (TTCT-V). Teknik analisis data mencakup uji paired sample t test, independent sample t test serta analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran berbasis proyek berbantu Macro VBA Excel terhadap kreativitas peserta didik. Nilai signifikansi uji t pada kelas eksperimen menunjukkan 0,000 < 0,05 dan N-Gain berada pada kategori sedang. Hasil ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan terkait penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantu media Macro VBA Excel terhadap kreativitas peserta didik.
Copyrights © 2025