MAXIMAL
Vol 2 No 6 (2025): Agustus

Persepsi Mahasiswa tentang Profesionalitas Guru dan Motivasi untuk Menjadi Pendidik

Sony Yuda Ariyanto (Unknown)
Andryadi Andryadi (Unknown)
Verawati Ardilla (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru dan motivasi untuk menjadi pendidik serta kaitannya dengan kedisiplinan belajar mahasiswa. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya mutu pendidikan yang salah satunya ditentukan oleh kedisiplinan mahasiswa dalam proses belajar. Faktor-faktor seperti persepsi terhadap profesionalitas guru dan motivasi menjadi guru yang profesional dianggap berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dan telaah teoritik yang meninjau berbagai faktor internal maupun eksternal yang memengaruhi kedisiplinan belajar mahasiswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang profesionalitas guru serta motivasi untuk menjadi guru berkontribusi signifikan dalam membentuk kedisiplinan belajar. Dengan adanya pemahaman yang baik mengenai profesionalitas guru dan motivasi yang kuat untuk menjadi pendidik, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan belajar, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MAKSI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

MAXIMAL JOURNAL is accepts manuscripts of research results and study results that bring up scientific and actual ideas in the fields of Social, Political, Law, Economics, Culture, Technology, and Education both in Indonesian and ...