Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tahap penting dalam perkembangan kognitif, motorik, dan emosional anak. Pada fase ini, metode pembelajaran yang menyenangkan dan Interaktif sangat dibutuhkan agar anak dapat menerima materi secara optimal. Salah satu Pendekatan yang efektif adalah melalui game edukasi berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi puzzle berbasis Android yang ditujukan bagi anak PAUD, dengan menerapkan algoritma Steepest Ascent Hill Climbing untuk mengatur dinamika tingkat kesulitan permainan secara adaptif. Algoritma ini berfungsi untuk mencari solusi terbaik dalam penyusunan puzzle berdasarkan Tingkat kemampuan pemain, sehingga anak selalu bertahan pada tantangan yang sesuai dan tidak monoton. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Waterfall, yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan evaluasi. Game ini dirancang dengan antarmuka sederhana dan ilustrasi visual yang menarik serta ramah anak, agar mudah digunakan dan tidak membingungkan. Hasil Pengujian menunjukkan bahwa game dapat berjalan dengan baik di perangkat Android dan berhasil menarik perhatian anak-anak saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu memberikan hiburan, game ini juga berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan logika dasar, konsentrasi, dan daya ingat anak secara bertahap. Dengan menggabungkan teknologi kecerdasan buatan sederhana dan unsur pendidikan, aplikasi ini diharapkan menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan menyenangkan bagi anak usia dini.
Copyrights © 2025