Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam bagaimana pengimplementasian pelaporan keuangan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) No. 335 pada institusi pendidikan di Kabupaten Minahasa. Keterbaruan dari penelitian ini terletak pada fokus kajian terhadap implementasi ISAK 335 dalam konteks institusi pendidikan dasar di daerah tersebut, yang masih jarang dikaji dalam penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung di lapangan serta wawancara dengan pihak-pihak yang berwenang dalam penyusunan laporan keuangan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD GMIM 04 Tondano belum membuat laporan keuangan sesuai dengan ISAK No. 335 pada pelaporan keuangannya. Setelah dilakukan pendampingan dalam pencatatan laporan keuangan berdasarkan ISAK 335, pihak sekolah mulai memahami struktur pelaporan yang benar, serta pihak sekolah berkomitmen untuk mengimplementasikan ISAK No. 335 dalam laporan keuangannya. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya literatur terkait penerapan ISAK 335 di sektor pendidikan serta menjadi dasar pertimbangan bagi pengambil kebijakan sekolah dalam meningkatkan tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan.
Copyrights © 2025