Minda Baharu
Vol 9, No 1 (2025): Minda Baharu

WORKSHOP GAMIFIKASI LITERASI MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI ROLE PLAY GAME UNTUK GURU DAN MAHASISWA

Hamidah, Ida (Unknown)
Zulkardi, Zulkardi (Unknown)
Putri, Ratu Ilma Indra (Unknown)
Pramuditya, Surya Amami (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Di era digital, metode pembelajaran yang lama sering tidak lagi efektif dalam membuat siswa tertarik dan memahami pelajaran matematika. Karena itu, dibutuhkan cara baru yang lebih sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Workshop ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan guru dan mahasiswa dalam memahami dan mengajarkan matematika, dengan menggunakan gamifikasi yang didukung oleh aplikasi berbasis Role-Playing Game (RPG). Pendekatan ini bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, aktif, dan sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang. Workshop dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: (1) Perencanaan, di mana peserta dikenalkan pada konsep gamifikasi dan cara menerapkannya dalam pembelajaran matematika; (2) Pengembangan, yaitu pelatihan untuk membuat dan menggabungkan aplikasi RPG ke dalam materi ajar; dan (3) Evaluasi, dengan melihat tanggapan peserta terhadap pelatihan yang telah diberikan. Kegiatan ini diikuti oleh 10 guru dan 100 mahasiswa dari berbagai wilayah di Jawa, Sumatra, dan Riau. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta, yaitu sebesar 100% untuk mahasiswa dan 66,7% untuk guru, berdasarkan hasil pretest dan posttest. Para peserta merasa pendekatan ini membantu membuat siswa lebih aktif, tidak cepat bosan, dan lebih mudah memahami konsep matematika yang sulit. Selain itu, para guru juga mendapatkan keterampilan baru dalam menggunakan teknologi untuk mendukung proses mengajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MNDBHRU

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Minda Baharu merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang di terbitkan Universitas Riau Kepulauan. Minda Baharu berfokus pada publikasi hasil penciptaan dan penerapan Inovasi dan Teknologi bagi masyarakat dengan lingkup semua disiplin ilmu. Mulai dari Volume 3 tahun 2019, Minda Baharu ...