Wahana Matematika dan Sains
Vol. 19 No. 2 (2025): Agustus 2025

Peningkatan Pemahaman dan Problem Solving Siswa Kelas VIII melalui Evaluasi Formatif pada Materi Fungsi Linear

Rahmadani, Novriza Ardhia (Unknown)
Fuady, Anies (Unknown)
Puspitasari, Lila (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Kesulitan memahami konsep dasar materi fungsi linear berdampak pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hasil observasi awal, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan evaluasi formatif sebagai perlakuan yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fungsi linear. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VIII-E SMPN 25 Malang. Penelitian dilakukan dengan tahapan pra siklus, siklus I dan siklus II. Peningkatan nilai rata – rata dan persentase ketuntasan belajar terjadi selama tahapan siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini berdasarkan evaluasi formatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah dari rata – rata siswa 74,37 (siklus I) menjadi 84,41 (siklus II) dengan presentasi ketuntasan klasikal 50% (siklus I) menjadi 88,88%. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah terjadi karena adanya kenaikan persentase siswa dengan tingkat kemampuan kategori sangat baik. Dengan ini evaluasi formatif membantu siswa memperbaiki cara berpikir mereka, meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, dan memahami kesalahan. Kata kunci: pemahaman konsep, pemecahan masalah, evaluasi formatif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Wahana Matematika dan Sains merupakan jurnal yang menampung tulisan hasil penelitian atau kajian pustaka dalam bidang MIPA atau pendidikan MIPA yang belum pernah atau tidak dalam sedang proses untuk dipublikasikan pada jurnal lain. Tulisan bisa dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa ...