IEFBR: Islamic Economics, Finance, and Banking Review
Vol. 5 No. 1 (2025)

Pengaruh Promosi Gadai Emas Terhadap Minat Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Banyuwangi Rogojampi)

Juan Felix (Unknown)
Dimas Herliandi Shodiqin (Unknown)
Istikomah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Gadai merupakan praktik transaksi keuangan yang sudah lama dalam sejarah peradaban manusia. Sistem rumah gadai yang paling tua terdapat di Negara Cina pada 3.000 tahun yang silam, juga di Benua Eropa dan kawasan laut tengah pada zaman Romawi dahulu. Namun di Indonesia, praktik gadai sudah berumur ratusan tahun, yaitu dimana warga masyarakat telah terbiasa melakukan transaksi hutang-piutang dengan jaminan barang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi gadai emas terhadap minat nasabah pada Bank Syariah Indonesia BSI KCP Banyuwangi Rogojampi 1. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berdasarkan pada filasafat positifisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sempel tertentu pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan survei. Pendekatan survei adalah salah satu dari pendekatan penelitian yang pada umumnya digunakan untuk pengumpulan data serta infomasi yang luas dan banyak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IEFBR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

IEFBR Islamic Economics, Finance, and Banking Review published by Department of Islamic Banking, Universitas Ahmad Dahlan. IEFBR is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of researches in the areas Islamic economics, Islamic finance Islamic banking and arround ...