Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pendidik masih kesulitan dalam pembelajaran sains yaitu tidak semua guru belum memahami pembelajaran sains untuk anak usia dini sementara lingkungan alam sangat mendukung dalam proses pembelajaran sains. Kemudian kurangnya pemahaman guru terhadap metode Teaching at the Right Level (TaRL) pada anak usia dini menjadi pemicu menghambat perkembangan pembelajaran yang optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Sains dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di Taman Kanak-kanak. Berdasarkan pengamatan dan wawancara penulis di beberapa Taman Kanak-kanak pada Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan (mix methods) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode campuran “Explanatory mixed Methods design”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penelitian kuaantitatif dengan penyebaran angket diperoleh yaitu seberapa besar presentase guru melaksanakan Pembelajaran Sains dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) memiliki nilai 83 % dengan kategori tinggi. Dan dengan hasil kualitatif yaitu Pelaksanaan Pembelajaran Sains dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di Taman Kanak-kanak Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat yaitu 1) Asesment, 2) Pemetaan, 3) Pembelajaran pada anak usia dini adapun instrumen penelitian yaitu , a) Eksplorasi, b) Mengamati, c) Mengklarifikasi, d) Perkiraan, e) Membandingkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025