Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kegiatan outdoor learning terhadap perkembangan anak usia kelompok B1 di TK Negeri Banjar Tegal Singaraja. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non-probalility sampling. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Non-Control Group Design. Data dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil pengujian hipotesis adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan outdoor learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa anak. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F = 25,492 dan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). (2) Kegiatan outdoor learning juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan regulasi emosi anak. Nilai F = 8,831 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) (3) Kegiatan outdoor learning berpengaruh secara simultan terhadap kemampuan bahasa dan regulasi emosi anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil, F hitung = 13,977, dan signifikansi = 0,000. Hasil ini mengindikasikan bahwa outdoor learning tidak hanya efektif untuk masing-masing aspek perkembangan anak, tetapi juga memperkuat perkembangan kedua aspek tersebut secara terpadu. Kegiatan outdoor learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan bahasa dan regulasi emosi anak usia dini.
Copyrights © 2025